Musim Depan Gelar Juara Serie A akan Ditentukan Melalui Babak Play-Off

AC Milan Juara Serie A
Photo: ACMILAN.COM

Berita AC Milan – Setelah perburuan Scudetto musim ini berakhir, Lega Serie A menyarankan untuk menetapkan gelar dengan play-off daripada rekor head-to-head.

AC Milan dinobatkan sebagai Juara Italia musim ini setelah finis unggul dua poin dari Inter berkat kemenangan tandang 3-0 atas Sassuolo.

Bacaan Lainnya

Namun, hasil imbang melawan Sassuolo sudah cukup untuk gelar juara, karena mereka memiliki rekor head-to-head yang lebih baik dengan rival mereka.

Seandainya saja Milan dan Inter menyelesaikan liga dengan level poin yang sama, posisi mereka ditentukan oleh rekor head-to-head, kemudian selisih gol dalam head-to-head, selisih gol secara keseluruhan dan akhirnya undian.

Menurut La Gazzetta dello Sport, pertemuan Lega Serie A yang diadakan kemarin melihat adanya kemungkinan untuk mengubah aturan untuk membuat final yang lebih menarik untuk kampanye musim berikutnya.

Nantinya jika dua tim peringkat teratas Serie A memiliki poin yang sama, maka Scudetto akan diberikan menggunakan pertandingan play off satu kali.

Adapun pada sejarahnya, gelar Serie A pernah ditentukan melalui play-off hanya sekali, yaitu pada saat Bologna mengalahkan Inter 2-0 di lapangan netral pada tahun 1964.

Saat ini sebagian besar liga Eropa menggunakan selisih gol terlebih dahulu, tanpa memperhitungkan rekor head-to-head untuk menentukan keunggulan sebuah tim atas pesaingnya.

Pos terkait