Di Masa Lalu Bayern Munchen Pernah Hampir Bergabung ke Liga Serie A

Bayern Munchen Serie A
Photo: pinterest

Berita AC Milan – Untuk Anda penggemar lama liga Serie A, mungkin pernah membaca kejadian unik dimana raksasa Bundesliga Jerman, Bayern Munchen, hampir saja memutuskan bergabung ke Liga Italia.

Kejadian itu terjadi pada 2003 silam menyusul perselisihan antara Bayern Munchen dengan Deutsche Football League (DFL) mengenai kesepakatan pemasaran. The Bavarian hampir saja pindah ke Italia sebagai bentuk dari perlawanannya.

Bacaan Lainnya

Juara Bundesliga 31 kali itu mengancam akan memutuskan semua hubungan dengan sepak bola Jerman jika mereka terkena pengurangan poin karena kesepakatan pemasaran yang kontroversial pada April 2003.

Pemimpin klub, Karl-Heinz Rummenigge, mengklaim bahwa Bayern Munchen akan melanjutkan sejarahnya dengan bermain di Serie A Italia jika poin mereka dikurangi untuk kasus tersebut.

Saat itu Munchen sedang diselidiki DFL karena menerima suntikan dana senilai £14,8 juta melalui kesepakatan pemasaran rahasia dengan grup KirchMedia.

Berbicara kepada Bild, Rummenigge mengancam: “Jika ada putusan yang tidak dapat kami terima, konsekuensinya adalah kami akan menarik diri dari semua organisasi.”

“Bundesliga harus melihat bagaimana mereka berkompetisi tanpa kami. Kami akan bergabung dengan liga di Italia dan bermain melawan AC Milan dan Roma. Kami tidak akan menerima pengurangan poin. Itu masalah prinsip!”

DFL meluncurkan penyelidikan atas kesepakatan itu pada April 2003, saat mereka mencari tahu apakah pembayaran itu telah melanggar prinsip pemasaran pusat liga atau tidak.

Bayern bersikeras bahwa tidak ada yang dirugikan oleh pembayaran tersebut, meskipun kontrak mereka dengan KirchMedia telah berakhir setahun sebelumnya karena perusahaan memasuki masa administrasi.

Pada saat penyelidikan, Bayern unggul 14 poin di puncak Bundesliga. Dengan pengurangan poin, maka itu dapat membuka pintu bagi tim lain untuk mengejar dan menyalakan kembali perburuan gelar juara.

Beruntung bagi penggemar Jerman, perselisihan itu kemudian dapat diselesaikan, dengan Bayern setuju untuk membayar € 3 juta untuk menyelesaikan masalah ini, yang berarti mereka tetap menjadi bagian dari piramida sepak bola Jerman.

Bayern Munchen akhirnya mengurungkan niatnya untuk pindah ke Serie A dan bertahan untuk memenangkan gelar Bundesliga musim 2002/03. Itu merupakan gelar yang ke-18 secara keseluruhan, menyelesaikan musim dengan keunggulan 16 poin dari tempat kedua Stuttgart.

Kabar tidak jadinya Bayern Munchen bergabung ke Serie A mungkin menjadi berita menggembirakan bagi penjaga gawang mereka, Oliver Kahn, yang tidak harus bertemu setiap musim dengan striker yang paling dia takuti, Filippo Inzaghi.

Pos terkait