4 Alasan Kenapa AC Milan Bisa Scudetto Musim Ini

AC Milan Scudetto
Photo: Twitter @SerieA_EN

Berita AC Milan – Kemenangan susah payah AC Milan 1-0 atas Sampdoria Minggu malam kemarin telah membuat mereka berhasil mengkudeta Inter di puncak klasemen Serie A.

Meski Nerazzurri masih memiliki 1 tabungan pertandingan kontra Bologna, jelas keberhasilan Milan merebut capolista ini adalah pertanda kuat jika perebutan gelar scudetto masih sangat terbuka.

Bacaan Lainnya

Media kenamaan La Gazzetta dello Sport memaparkan 4 alasan kenapa AC Milan bisa meraih scudetto musim ini. Berikut ini adalah penjelasannya:

1. Stefano Pioli

Stefano Pioli
Photo: www.acmilan.com

Pelatih berusia 56 tahun ini dianggap sebagai salah satu faktor utama dari kebangkitan Milan dalam 2 musim terakhir. Stefano Pioli sanggup membuat pilihan teknis, taktis dan manajerial yang tepat di setiap pertandingan.

Selain itu, mantan pelatih Lazio ini memiliki sisi pendekatan psikologis yang baik hingga membuat pemain muda merasa sangat nyaman dan mampu mengeluarkan kemampuan terbaiknya.

2. Jadwal pertandingan

Junior Messias vs Inter
Photo: Isabella BONOTTO / AFP

Dibanding 3 rivalnya dalam perburuan gelar scudetto, AC Milan memiliki jadwal pertandingan sisa musim ini yang lebih bersahabat. I Rossoneri sudah tidak akan bertemu Inter dan Juventus di Serie A.

Untuk jadwal terdekat, Milan tinggal menghadapi Salernitana (tandang), kemudian Udinese dan Empoli (kandang), lalu Cagliari (tandang) dan Bologna (di San Siro). Ada pertandingan big match di Napoli setelah laga melawan Udinese dan Rafael Leao dkk akan mengakhiri musim dengan melawan tim-tim seperti Lazio, Fiorentina, Verona, Atalanta dan Sassuolo.

Kondisi AC Milan saat ini mirip dengan situasi Inter pada musim lalu yang sudah sejak awal tahun hanya bermain di kompetisi domestik. Seluruh sumber daya klub kini bisa difokuskan untuk menjalani kompetisi tersisa yaitu Serie A dan Coppa Italia.

3. Pemimpin tim

Tonali
Photo: www.acmilan.com

Dalam paparannya, Gazzetta menyoroti peran Sandro Tonali yang saat ini berhasil menjadi pemimpin permainan Milan. Mantan pemain Brescia itu dianggap sebagai pemimpin sejati permainan I Rossoneri berkat etos kerjanya yang begitu luar biasa.

Sempat menjalani musim perdananya yang mengecewakan, Sandro Tonali kini dianggap telah menjadi poros baru permainan AC Milan.

4. Kedalaman skuad

Pierre Kalulu
Photo: @ACMilan

AC Milan masih belum beruntung terkait dengan cedera para pemain. Bahkan kalau boleh jujur, musim ini kasus pemain cedera Milan lebih parah dari musim lalu.

Tidak seperti musim lalu yang baru awal Januari badai cedera menghampiri, kini sudah sejak awal musim para pemain Milan silih berganti masuk meja perawatan.

Berkat kedalaman skuad yang dimiliki AC Milan musim ini, Stefano Pioli kini bisa lebih leluasa untuk melakukan rotasi para pemainnya yang absen. Selalu saja ada pemain yang siap melakukan backup andai pemain inti berhalangan tampil.

Itulah 4 alasan kenapa AC Milan bisa meraih scudetto musim ini menurut La Gazzetta dello Sport. Bagaimana menurutmu?

Pos terkait