Paolo Maldini Kecam Rencana World Cup 2 Tahun Sekali!

Maldini Italy
Photo: Gazzetta

Berita AC Milan – World Cup alias Piala Dunia merupakan sebuah turnamen agung dalam dunia sepak bola. Acara rutin 4 tahun sekali itu selalu saja berhasil menyedot perhatian jutaan pasang mata dari seluruh penjuru dunia.

Tak mengherankan jika dengan antusiasme yang teramat besar dari penonton, World Cup selalu sukses menyedot para pengiklan yang berebutan untuk memasarkan produknya.

Bacaan Lainnya

Namun baru-baru ini tersiar kabar jika induk organisasi sepakbola dunia, FIFA, tengah berencana untuk memangkas jeda waktu turnamen World Cup dari setiap 4 tahun sekali menjadi 2 tahun sekali.

Tak pelak, situasi itu kini menimbulkan pro dan kontra dari kalangan pecinta sepakbola. Tak sedikit pihak yang mengecam FIFA karena hanya mementingkan aspek bisnis dengan mengeruk uang dari sponsor ketimbang esensi dari sepakbola itu sendiri.

Salah satu tokoh sepakbola yang mengecam rencana FIFA tersebut adalah legenda AC Milan, Paolo Maldini.

“Saya tidak berpikir bahwa bermain Piala Dunia setiap dua tahun adalah ide yang bagus, ini akan menghilangkan pentingnya acara olahraga paling unik di dunia, menghapus tradisi berabad-abad.” ucap Maldini kepada ANSA.

Saya berharap, sebagai olahragawan, FIFA ingin meninggalkan proyek yang salah ini. Kemungkinan komitmen dua tahun, ditambahkan ke kalender yang diusulkan oleh FIFA yang akan mengelompokkan pemberhentian untuk tim nasional hanya dalam dua tanggal, akan memiliki konsekuensi yang sangat negatif pada kesehatan psikofisik para pemain dan pada masa depan liga domestik, yang akan mengalami dampak yang luar biasa pada saat yang sudah sangat rapuh.”

“Atlet, federasi, dan klub sadar bahwa kemungkinan keuntungannya akan sangat sedikit dibandingkan dengan banyak risiko yang akan ditimbulkan oleh keputusan seperti itu bagi dunia sepak bola.” pungkas sang legenda.

Pada kesempatan sebelumnya, legenda AC Milan lainnya yaitu Carlo Ancelotti juga memberikan komentar benada sarkasme kepada FIFA yang menyebut jika World Cup harusnya digelar setiap tahun.

Pos terkait