Mengenal Sejarah Berdirinya Liga Serie A Italia

Berita Terbaru AC Milan
Photo: acehonline.co

Beritamilan.com – Situs Berita AC Milan

Kepopuleran Liga Serie A Italia saat ini memang masih tidak sepopuler di era tahun 90-an dulu, dimana saat itu ajang kompetisinya selalu berhasil menyita perhatian para pecinta sepak bola dari seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Banyak bintang bola top dunia berkarir di sana, misalnya saja seperti Maradona, Van Basten, Ronaldo, Totti, Maldini serta masih banyak lagi nama lainnya.

Bacaan Lainnya

Meski tidak sepopuler seperti dulu, Liga Serie A Italia tetap menarik untuk dilihat. Padahal selama 9 tahun terakhir yang menjadi juaranya adalah Juventus. Namun berbicara tentang Serie A Italia, rasanya belum lengkap bila tidak membahas tentang sejarah kompetisinya di masa lalu.

Sejarah berdirinya Liga Italia

Berita Terbaru AC Milan
Photo: www.footyheadlines.com/

Meski Serie A Italia sudah bergulir hampir 1 abad, namun fakta membuktikan bahwa ternyata ajang kompetisi ini bukanlah kompetisi sepak bola yang pertama di Italia. Dulunya pada tahun 1989, pihak Asosiasi Sepak Bola Italia didirikan oleh Federazione Italiana del Football atau FIF yang mana sekarang ini disebut dengan FIGC.

Saat itu cuma ada 4 tim yang ikut ke dalam Asosiasi tersebut, yaitu FC Torinese, Societa Ginnastica, Genoa, dan Internazionale Di Torino. Meski begitu mereka masih membuat kompetisi bertaraf regional berisi 4 peserta. Di ajang tersebut, Genoa keluar sebagai juara setelah berhasil mengalahkan Torino dengan skor 2-1 pada babak final.

Salah satu hal yang membuat ajang kompetisi ini terlihat unik adalah tim yang berhasil menjadi juara akan langsung masuk ke babak final kompetisi berikutnya. Sementara itu, seiring berjalannya waktu ajang kompetisi sepak bola yang pertama di Italia terus berkembang hingga namanya berubah menjadi Primer Categoria. Perubahan nama tersebut terjadi di tahun 1904.

Saat itu Genoa kembali menjadi juara dengan skor akhir 1-0 mengalahkan Juventus di babak final. Beruntungnya, pada tahun berikutnya, akhirnya FIGC diakui menjadi Asosiasi Sepakbola Resmi di Italia hingga kemudian mulai bergabung bersama FIFA sebagai Federasi Sepakbola dunia. Dari sinilah peraturan tim juara yang bisa maju ke babak final langsung dihapuskan.

Liga Serie A Sempat Terbagi menjadi 2 Kompetisi

Berita Terbaru AC Milan
Photo: @acmilan

Ajang pertandingan ini ternyata pernah terpisah dan terbagi menjadi 2 kompetisi. Hal ini dikarenakan banyak pemain asing non-Italia hadir sehingga membuat beberapa klub peserta ajang kompetisi sepak bola melakukan protes. Maka dari itu kemudian FIGC mulai menciptakan 2 kompetisi yang berbeda.

Yaitu kompetisi Campionato Italiano dan Campionato Federale. Campionato Federale merupakan ajang kompetisi yang digelar untuk pemain asing. Sedangkan untuk Campionato Italiano adalah ajang kompetisi untuk para pemain asli Italia. Sejak saat itulah dunia sepak bola di Italia mulai berkembang pesat.

Hanya saja ternyata selama perkembangannya tersebut muncul banyak konflik di antara keduanya karena adanya aksi dualisme kompetisi. Bahkan konfliknya tersebut terjadi tidak sekedar diantara klubnya saja, namun juga di kubu internalnya sendiri. Salah satunya adalah Milan yang terpecah menjadi 2 klub.

Yaitu Inter Milan dan AC Milan. Konflik tersebut terus berlanjut hingga FIGC sepakat membuat kompetisi dengan format baru di tahun 1928, bernama Serie A Italia. Dari sinilah kemudian kompetisi baru mulai bergulir pada tahun 1929. Sementara masa transisi berlangsung, kompetisinya dinamakan Divisione Nazionale.

Ajang ini terbagi atas 2 grup, masing-masingnya tersusun atas 16 tim. Setiap tim yang berhasil lolos 8 besar klasemen akhir dari 2 grup otomatis bisa melangkah ke babak Serie A Italia musim pertama tahun 1929/ 30. Selanjutnya tim yang berhasil lolos di posisi ke-9 hingga ke-14 harus bermain di Serie B. Sementara 2 tim terbawahnya bermain pada divisi 3. Seperti itulah sejarah berdirinya Liga Serie A Italia.

4 Klub Liga Serie A Italia Peraih Scudetto Terbanyak

Berita Terbaru AC Milan
Photo: @Panorama.it

Pada musim pertama dalam Liga Serie A Italia ini formatnya belum memakai sistem klasemen, namun saat itu masih menggunakan sistem gugur. Hingga pada akhirnya dipertemukanlah tim Bologna dan Torino yang mana akhirnya Bologna menjadi juara setelah berhasil menang dengan skor 3-1 di leg pertama saat bertanding di kandangnya sendiri. Sementara di leg kedua kalah dengan skor 0-1 di markasnya Torino.

Melihat hal tersebut, tentunya hal ini membuat pertandingan dalam liga sepak bola tersebut terlihat menarik. Banyak orang berpikir bahwa ajang kompetisi Liga Serie A Italia ini dipenuhi oleh tim dengan pertahanan yang solid. Di bawah ini adalah contoh 4 klub dalam Liga Serie A Italia yang berhasil mendapatkan gelar Scudetto terbanyak, antara lain:

#1 Juventus

Klub ini berhasil mendominasi aksi perburuan gelar Scudetto dalam waktu 9 tahun terakhir. Tim yang saat ini ditukangi oleh Andrea Pirlo itu berhasil mempertahankan gelar secara beruntun dan berhasil membuatnya mendominasi klasemen Liga Italia. Selain itu mereka juga berhasil mendapatkan gelar Scudetto terbanyak dalam sejarah Liga Serie A Italia.

Sejauh ini gelarnya sudah mencapai 36. Gelar pertamanya didapatkan pada tahun 1905, selanjutnya rekor keberhasilannya berhasil dicetaknya secara berurutan dari tahun 2011 sampai dengan 2019. Namun 2 dari 36 gelar yang berhasil diraihnya ternyata masih dianggap ambigu karena kedua gelarnya ditarik oleh FIGC menyusul kasus yang baru terungkap di tahun 2007 silam, yaitu kasus calciopoli.

#2 AC Milan

Taring klub ini tidak perlu diragukan lagi, karena mereka berhasil meraih 7 gelar Liga Champions. Namun di kancah domestik, ternyata prestasi yang dicetak Rossoneri masih terbilang jauh dari Juventus.

Karena bila Bianconeri berhasil mendapatkan 36 gelar juara, Milan hanya berhasil mendapatkan gelar setengahnya saja. Yaitu berjumlah 18 gelar saja. Tentu saja untuk mengejar ketertinggalannya tersebut cukup sulit, terlebih dalam beberapa tahun terakhir AC Milan mengalami penurunan performa sehingga membuatnya sulit bersaing mendapatkan Scudetto.

Namun sepertinya AC Milan tak lama lagi akan segera menemukan titik kebangkitannya setelah mampu tampil apik dibawah naungan pelatih Stefano Pioli. Di awal musim 2020/2021 ini mereka tercatat masih cukup kokoh di puncak klasemen sementara Serie A.

#3 Inter Milan

Inter Milan berhasil mendapatkan 18 gelar juara sejak pertama kali memenangkan Scudetto pada tahun 1909/10. Terakhir kali mereka mendapatkan gelar itu pada musim 2009/10.

Dibawah pelatih Antonio Conte, Inter mulai menunjukkan kedigdayaannya sebagai tim papan atas Italia. Mereka akan coba mendobrak dominasi Juventus yang menguasai Italia dalam beberapa musim terakhir.

Satu hal yang patut dicatat oleh tim ini adalah mereka merupakan satu-satunya tim Italia yang berhasil meraih gelar treble winner pada 2010 silam.

#4 Genoa

Tim ini tidak hanya dikenal menjadi klub papan tengah di Liga Serie A Italia, namun di masa lalu ternyata mereka merupakan salah satu klub terbaik dalam Liga Italia. Mereka berhasil mendapatkan 9 gelar juara Scudetto mulai tahun 1898, 1899, 1900, 1902, 1903, 1914-15. 1922-23, sampai dengan 1923-24.

Meski jarang terdengar gaungnya meraih trofi juara, Genoa tercatat sebagai tim yang cukup rutin berlaga di pentas Serie A.

Jadi seperti itulah sejarah berdirinya Liga Serie A Italia dan klub mana saja yang berhasil mendapatkan gelar Scudetto terbanyak sepanjang masa. Tak peduli seberapa banyak trofi yang diraih klub, tim terbaik adalah dia yang sudah melekat di dalam hati. Forza Serie A!

 

Pos terkait