Mengenal Mike Maignan, Kiper yang Bawa Lille Hancurkan Dominasi PSG di Prancis

Mike Maignan
Photo: Youtube SVMM

Berita AC Milan – Mike Maignan didatangkan oleh AC Milan dari Lille dengan harga kurang dari 15 juta euro pada musim panas 2021. Kiper berkebangsaan Prancis itu dibawa ke San Siro sebagai pengganti Gianluigi Donnarumma yang hengkang ke PSG secara gratis.

Kedatangan kiper berumur 26 tahun itu diharapkan bisa mengangkat performa Rossoneri untuk bersaing di papan atas Serie A. Selain itu, ia juga diharapkan dapat membawa AC Milan melaju sejauh mungkin di Liga Champions.

Bacaan Lainnya

Saat ini, belum banyak orang yang mengetahui sosok Mike Maignan. Sebab mantan didikan akademi PSG itu mulai dikenal oleh banyak orang pada musim 2019/20, setelah tampil impresif bersama Lille saat ini.

Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini beritamilan.com akan membahas perjalanan Mike Maignan selama berkarier sebagai pesepakbola profesional. Dengan begitu, kalian sebagai penggemar Rossoneri bisa mengenal lebih dalam tentang kiper berusia 26 tahun tersebut.

“Dibuang” oleh PSG

Mike Maignan Berita AC Milan

Ia memulai kariernya sebagai pesepakbola pada tahun 2009 dengan bergabung ke akademi PSG. Mike Maignan membutuhkan waktu empat tahun untuk menembus tim utama tim tersebut, sekaligus menandatangani kontrak profesional perdananya pada tahun 2013.

Akan tetapi, ia tidak pernah tampil sekalipun bersama Les Parisiens karena dirinya tidak mampu menggeser Salvatore Sirigu yang saat itu menjadi kiper utama tim. Hingga pada akhirnya, ia memutuskan untuk pergi ke Lille pada awal musim 2015/16 dengan biaya transfer hanya 1 juta euro.

Awal kebangkitan Mike Maignan bersama Lille

Mike Maignan Berita AC Milan

Di musim perdana bersama klub barunya, Mike Maignan hanya bermain sebanyak lima kali di semua kompetisi. Pada musim tersebut, ia hanya mampu mencatatkan satu cleansheet dan kebobolan empat gol dari tim lawan.

Musim berikutnya, ia mulai diberi kesempatan lebih banyak untuk bermain di bawah mistar Lille. Total ada 12 pertandingan yang dijalaninya pada musim 2016/17, dengan catatan lima cleansheet serta 14 kali kebobolan.

Lalu pada musim 2017/18, Marcelo Bielsa yang saat itu menjadi pelatih Lille menjadikan kiper asal Prancis itu sebagai pilihan utama di bawah mistar gawang tim. Pada musim tersebut ia mencatatkan 36 penampilan, tetapi Lille nyaris degradasi karena menempati posisi 17 di klasemen akhir Ligue 1 saat itu.

Ia mungkin cukup terpukul, karena dirinya tidak dapat membawa Lille berada di papan atas Ligue 1 musim 2017/18. Sebab itu merupakan kali pertama baginya diberikan kesempatan secara reguler selama satu musim penuh.

Mike Maignan Berita AC Milan

Akan tetapi, kedatangan Christophe Galtier ke Lille membuat kariernya tetap baik-baik saja. Mike Maignan tetap dipercaya sebagai kiper utama pada musim 2018/19, dan di akhir musim ia sukses membawa Lille finish di urutan kedua klasemen akhir Ligue 1.

Di musim tersebut, ia bahkan menerima penghargaan kiper terbaik dari Asosiasi Pesepakbola Profesional Prancis (UNFP). Selain itu dirinya juga masuk dalam UNFP Ligue 1 Team of the Year 2018/19.

Puncak kariernya bersama Lille adalah pada musim 2020/21 lalu, dimana ia berhasil mempersembahkan gelar Ligue 1 untuk tim tersebut. Pada musim 2020/21, kiper yang kini berumur 26 tahun itu mencatatkan 48 penampilan dengan torehan 24 cleansheet dan hanya kebobolan 38 gol.

Awal yang baru bersama AC Milan

Mike Maignan Berita AC Milan

Performa cemerlang Mike Maignan membuat AC Milan tertarik untuk membawa dirinya ke San Siro pada bursa transfer musim panas 2021. Dengan harga yang cukup murah yakni sekitar 14 juta euro, ia diharapkan bisa menjadi pengganti Gianluigi Donnarumma di bawah mistar gawang Rossoneri mulai musim 2021/22.

Kiper berkebangsaan Prancis itu kini menjadi harapan Stefano Pioli, pemain, manajemen dan tentunya penggemar AC Milan untuk membawa kembali kejayaan klub yang menghilang dalam beberapa tahun terakhir.

Pos terkait