Liga Super Eropa di Ambang Kehancuran?

European Super League

Berita AC Milan – Beritamilan.com

Pada awal pekan ini beberapa klub top Eropa mengumumkan rencana mereka untuk membentuk kompetisi baru yang sangat ambisius bertajuk Liga Super Eropa.

Bacaan Lainnya

Kompetisi ini rencananya hanya akan diisi oleh 20 tim top Benua biru, yang terdiri dari Real Madrid, Barcelona, Atletico Madrid, AC Milan, Juventus, Inter dan 6 anggota big six Liga Inggris dan tim lainnya akan datang melalui undangan.

Munculnya kompetisi Liga Super Eropa tak terlepas dari faktor finansial. Klub yang telah banyak merugi akibat pandemi Covid-19 membutuhkan suntikan dana segar untuk membiayai operasional klub.

Tak tanggung-tanggung, pihak pembiayaan finansial JP Morgan telah menyediakan dana mencapai 6 milyar euro untuk mendanai kompetisi baru ini. Hanya dengan bergabung saja, klub penggagas kompetisi Liga Super Eropa akan mendapatkan siraman uang mencapai ratusan juta euro.

Maka dari itu tak pelak adanya kompetisi ini menimbulkan stigma jika klub-klub top eropa hanya mementingkan duit saja dibanding esensi dari Sepak bola yang merupakan olahraga untuk semua kalangan.

Akhirnya, rencana para klub besar tersebut mendapatkan kecaman keras dari berbagai pihak dari mulai FIFA, UEFA dan juga para suporter. Kini kompetisi ini tengah diambang kehancuran setelah salah satu tim penggagas, Manchester City, secara resmi telah mengundurkan diri dari Liga Super Eropa.

Tak hanya The Cityzens, tim lain seperti Barcelona, Chelsea dan Atletico Madrid kabarnya juga akan mengumumkan pengunduran diri mereka dari kompetisi Liga Super Eropa.

Menukil laporan dari Calciomercato, Andrea Agneli bahkan dikabarkan akan memutuskan mundur dari jabatannya sebagai presiden Juventus karena menjadi penggagas dari kompetisi Liga Super Eropa tersebut.

Tak hanya Agneli, CEO Manchester United, Ed Woodward, kabarnya juga akan meletakkan jabatannya karena masalah yang sama.

Pertemuan darurat dari 12 klub Liga Super akan digelar malam ini, dengan Perez dari Real Madrid diperkirakan akan membuat pernyataan pada tengah malam waktu setempat.

Pos terkait