Inilah Detail Lebih Lanjut Pembelian AC Milan oleh Redbird, Disebut Pembelian Lebih Baik Ketimbang Chelsea

Gerry Cardinale AC Milan
Photo: ACMilan.com

Berita AC Milan – Rincian lebih lanjut muncul mengenai pengambilalihan AC Milan senilai €1,2 miliar oleh RedBird, termasuk pinjaman dari Elliott Management. Sementara media terkemuka dunia, Forbes, menyebut proses pembelian Milan ini sebagai ‘penawaran yang lebih baik’ daripada pembelian Chelsea.

Rossoneri menyelesaikan proses take over klub pada pekan ini dan penutupan diharapkan paling lambat terjadi pada bulan September 2022. Namun demikian secara efektif Milan sudah berada di bawah kepemilikan dana Amerika RedBird yang dipimpin oleh Gerry Cardinale.

Bacaan Lainnya

Elliott akan tetap sebagai pemegang saham minoritas di AC Milan dan ada laporan di media Italia bahwa perusahaan financial milik Paul Singer itu telah meminjamkan sejumlah uang kepada RedBird untuk mendanai pembelian klub dengan tingkat bunga sebesar 15 persen.

Calcio e Finanza telah memeriksa dokumen dan menegaskan bahwa meskipun memang ada pinjaman sekitar €200-300 juta dalam proses pembelian Milan ini, itu bukan proses yang tidak biasa dan tingkat bunga 6 persen.

Ini adalah bentuk pembayaran tertunda, sehingga memungkinkan RedBird untuk menyebarkan biaya operasi. Karena itu, RedBird tidak perlu menerima pembiayaan apa pun dari bank, karena hanya menggunakan JP Morgan dan Bank of America Merill Lynch sebagai penasihat.

Juga dilaporkan bahwa Elliott akan menerima bonus jika RedBird menjual Milan dengan harga lebih tinggi daripada yang mereka bayarkan.

Sementara itu media pakar financial asal Amerika yakni Forbes telah mempertahankan dalam analisisnya bahwa “penjualan AC Milan yang tertunda adalah tawaran yang lebih baik daripada pembelian Chelsea FC baru-baru ini.”

Roman Abramovich menjual klub Liga Utama Inggris itu kepada Todd Boehly dan Clearlake Capital seharga $3,1 miliar. Artikel tersebut menunjukkan bahwa sementara Chelsea lebih menguntungkan daripada AC Milan saat ini, klub juga dibiayai selama bertahun-tahun oleh Abramovich.

Sedangkan Rossoneri telah membiayai sendiri di bawah Elliott dan menyeimbangkan pembukuan, jadi bebas dari utang. RedBird juga memiliki sejarah peningkatan nilai klub sepak bola, setelah membeli Toulouse FC di Prancis dua tahun lalu seharga $20 juta, tim itu sekarang diperkirakan bernilai $80 juta setelah sukses promosi berturut-turut.

“Dalam jangka panjang, AC Milan dan Chelsea akan sama-sama menghargai nilainya. Tapi klub Italia kemungkinan akan melakukannya lebih cepat daripada klub Inggris.” demikian kutipan dari Forbes.

Pos terkait