Inilah 5 Striker Terhebat yang Pernah Membela AC Milan

  • Whatsapp
Striker AC Milan

Berita AC Milan – Mendengar kata AC Milan, pasti pikiran kita akan langsung tertuju pada tim bergelimang gelar juara dan juga banyaknya para pemain top dunia.

Tak mengherankan memang, sebab Il Diavollo Rosso, bagaimanapun kondisinya saat ini, adalah salah satu tim dengan koleksi trofi juara terbanyak di dunia.

Bacaan Lainnya

Sejarah mencatat jika AC Milan telah banyak diperkuat oleh para pemain top dunia. Franco Baresi, Paolo Maldini, Gianni Rivera, Kaka hingga Ibrahimovic, semuanya pernah membalutkan badannya dengan seragam kebesaran merah hitam.

Pada kesempatan kali ini tim Beritamilan.com akan coba mengulas daftar 5 striker terhebat yang pernah membela panji AC Milan.

1. Gunnar Nordahl

Gunnar Nordahl
Photo: Google

Di urutan teratas ada nama pemain sepakbola asal Swedia bernama Nils Gunnar Nordahl. Pemain kelahiran tahun 1921 itu memperkuat AC Milan selama periode tahun 1949-1956.

Sampai saat ini, Nordahl tercatat sebagai striker paling tajam dalam sejarah AC Milan lewat torehan 210 gol dari 257 pertandingan.

Pada eranya, AC Milan sangat ditakuti oleh tim di seantero Eropa karena diperkuat oleh trio GreNoLi yang terdiri dari Gunnar Gren, Gunnar Nordahl dan Nils Liedholm.

Sang legenda sendiri telah tutup usia pada 15 September 1995 silam di Alghero, Italia.

2. Marco van Basten

Marco van Basten
1994, Italy, Marco van BAsten scores for AC Milan. photo Michael Kooren

Meneer Belanda satu ini dikenal luas berkat ketajamannya dalam membobol gawang lawan. Pada masanya, van Basten dianggap sebagai salah satu atlet olahraga terbaik dunia.

Marco van Basten sendiri berhasil meraih penghargaan Ballon d’Or sebanyak 3 kali, yaitu pada tahun 1988, 1989 dan 1992. Ia juga turut menyumbangkan gelar juara Serie A untuk Milan sebanyak 4 kali dan juara Liga Champions sebanyak 3 kali.

Marco van Basten berkarir bersama AC Milan selama tahun 1987 sampai 1995 dan dalam periode tersebut ia berhasil mengemas 90 gol.

Namun sayang, karirnya harus berakhir cepat karena mengalami cedera hebat. Marco van Basten harus pensiun dini di usia 30 tahun, dimana pertandingan terakhirnya ia mainkan saat masih berumur 28 tahun.

3. George Weah

George Weah AC Milan
Photo: @AP

George Weah bisa dikatakan sebagai pemain sepakbola terbaik dari benua Afrika. Pemain berkebangsaan Liberia itu merupakan satu-satunya pemain dari Afrika yang berhasil meraih penghargaan sebagai pemain sepakbola terbaik dunia.

Raihan penghargaan pemain terbaik dunia itu ia dapatkan pada tahun 1995 silam. Saat mulai meniti karir, banyak pengamat sepakbola yang mengatakan bahwa mereka belum pernah melihat pemain sepak bola seperti Weah.

Akselerasi, kecepatan, dan kemampuan dribbling yang eksplosif dari George Weah telah membuatnya menjadi striker mematikan yang menghibur penonton San Siro selama lima musim.

Tak hanya sukses di atas lapangan hijau, Weah nyatanya juga sukses meniti karir di luar kehidupan sepakbola. Pria yang kini berusia 54 tahun itu menjadi satu-satunya pemain sepakbola yang berhasil menjadi presiden sebuah negara.

4. Andriy Shevchenko

Andriy Shevchenko
Photo: (AFP/Paco Serinelli)

Memiliki wajah yang kalem dan ramah senyum, sikap Shevchenko berbeda 180 derajat saat ia bersentuhan dengan si kulit bulat.

Saat bola berada di kakinya, pria Ukraina itu seolah menjelma menjadi sesosok predator ulung yang tak segan menghajar kiper lawan dengan gol-gol spektakulernya.

Kecepatan, kekuatan tendangan dan insting mencetak gol Sheva memang berada di atas rata-rata pemain sepakbola umumnya. Itu sebabnya ia berhasil menyarangkan 176 gol untuk AC Milan dan menjadi pemuncak top skor klub dibawah Gunnar Nordahl.

Shevchenko juga merupakan pencetak gol terbanyak dalam laga derby Della Madoninna dengan torehan 14 golnya. Ia juga sempat meraih penghargaan Ballon d’Or pada tahun 2004 silam setelah mengantarkan Milan juara Liga Champions 2003.

5. Filippo Inzaghi

Filippo Inzaghi
Photo: @AFP

Dibandingkan para pemain yang telah tersebut diatas, nama Filippo Inzaghi lebih terkesan medioker. Memiliki fisik ringkih, kecepatan dan skill olah biasa saja, seolah memang tidak ada yang istimewa dari sosok pemain yang akrab dengan jersey AC Milan nomor punggung 9 ini.

Namun Super Pippo seperti sesosok hantu. Sepanjang pertandingan ia hampir tidak bisa dilihat oleh lawan, dan ketika ada peluang muncul, BOOOM!! Papan skor tiba-tiba langsung berubah untuk keunggulan AC Milan.

Insting mencetak gol pemain berjuluk raja offside ini memang sungguh luar biasa. Jika ada pemain muda hebat muncul saat ini, orang bisa mengatakan dia sebagai ‘The Next Messi!” atau “The Next Ronaldo!”, tapi mereka tidak bisa berkata “The Next Inzaghi!”.

Filippo Inzaghi adalah sosok agung. Di sepakbola, ia adalah yang pertama dan yang terakhir, dan tidak akan ada lagi yang sepertinya di masa depan.

Itulah daftar 5 striker terbaik yang pernah membela panji AC Milan. Adakah pemain favoritmu?

Pos terkait