Gattuso Terus Diserang Isu Rasisme, Apa Penyebabnya?

Gattuso
Photo: UEFA.com

Berita AC Milan – Bos baru Valencia, Gennaro Gattuso, sekali lagi berada di bawah sorotan untuk komentar diskriminatif yang dibuatnya pada masa lalu. Dan, sekali lagi, alih-alih mengakui dan mengatasi masalah ini, dia menyerang mereka yang menyorotinya.

Sebelum musim dimulai, Gattuso sempat dikaitkan dengan peran manajer Tottenham Hotspur yang saat itu kosong – tetapi pencalonannya segera disingkirkan setelah komentar rasis, seksis, dan homofobik yang dia buat di masa lalu terungkap.

Berbicara pada tahun 2008, Gattuso berkata: “Di gereja, pernikahan harus antara seorang pria dan seorang wanita, bahkan jika ini tahun 2008 dan setiap orang dapat melakukan apa yang mereka inginkan.

“Saya adalah seseorang yang percaya pada institusi keluarga sejak saya masih kecil dan bagi seseorang yang percaya pada agama mereka [pernikahan sesama jenis] ini sangat aneh.”

Pada tahun 2013, ketika gelandang Milan Kevin-Prince Boateng keluar dari lapangan setelah mengalami pelecehan rasis, Gattuso tidak terkesan dan melompat ke pertahanan pendukung. Berbicara pada saat itu, dia berkata: “Saya telah tinggal lima kilometer dari Busto Arsizio selama bertahun-tahun dan daerah itu penuh dengan orang asing.

“Tidak ada rasis di Busto. Apa yang terjadi kemarin adalah kesalahan sekelompok orang bodoh. Berapa kali ada ejekan terhadap pemain kulit putih di masa lalu? Itu terjadi pada saya, tetapi saya tidak menganggapnya penting.

“Boateng tentu merasa tersinggung, tetapi saya terus tidak melihatnya sebagai rasisme. Sepertinya ini adalah episode terbaru dari kebodohan kolektif dari minoritas.”

Belakangan tahun itu, ketika kepala eksekutif AC Milan Adriano Galliani setuju untuk berbagi perannya dengan putri pemilik Silvio Berlusconi, Barbara, Gattuso menyarankan perempuan tidak boleh memiliki tempat di sepak bola.

Dia mengatakan kepada stasiun radio Italia: “Untuk seseorang seperti Galliani harus ada lebih banyak rasa hormat. Saya tidak bisa benar-benar melihat wanita dalam sepak bola. Saya tidak suka mengatakannya tapi begitulah adanya.”

Melihat perangainya yang begitu keras saat masih aktif bermain sepak bola, kita dapat tahu bahwa Gattuso ini adalah tipe pria yang tidak ingin dikendalikan oleh orang lain. Dia tidak akan ragu untuk mengutarakan isi kepalanya, bahkan walau itu adalah hal yang tidak menyenangkan bagi kebanyakan orang.

Pos terkait