Finansial Membaik, Elliott Bisa Jual AC Milan Kapanpun Mereka Mau

Elliot
Photo: THOS ROBINSON/GETTY IMAGES

Berita AC Milan – Perusahaan finansial asal Amerika, Elliott, terbilang sangat berhasil dalam mengelola AC Milan yang sempat amburadul saat dipegang oleh Yonghong Li. Meski terkesan pelit, namun manajemen selalu melakukan investasi yang tepat untuk memperkuat skuad tim asuhan Stefano Pioli itu.

Sebuah laporan dari Italia menyebutkan jika pemuliha financial AC Milan terus berlanjut dan itu mungkin menjadi awal dari penjualan klub oleh pemilik Elliott Management.

Bacaan Lainnya

Calcio e Finanza melaporkan bagaimana Milan harus mengakhiri tahun keuangan 2021-22 dengan kerugian €50-60m, yang menunjukkan bahwa proses pemulihan yang dimulai dua musim lalu ketika kerugian lebih dari tiga kali lipat mulai membuahkan hasil.

Baru kemarin manajemen Milan dapat berbicara dengan relatif tenang dalam pertemuan dengan UEFA tentang topik Financial Fair Play. Meskipun benar bahwa Milan masih merugi, juga benar bahwa tindakan pembatasan pandemi membuat mereka kehilangan pendapatan.

Milan memiliki sesuatu yang tidak dimiliki klub top lain di Italia: situasi hutang yang menguntungkan. Elliott praktis telah menghapus hutang keuangan (dan hanya hutang saat ini yang tersisa) sehingga jika ada tawaran untuk membeli perusahaan, Elliott akan mengantongi seluruh jumlah transaksi.

Untuk dana yang pada dasarnya adalah investasi di perusahaan, menyembuhkan mereka dan kemudian menjualnya kembali dengan harga yang lebih tinggi, ini bisa sangat menggiurkan.

Elliott sejauh ini telah menginvestasikan lebih dari €700 juta di AC Milan dan mengingat ukuran dan sejarah klub – dan prospeknya di masa depan – mereka dapat dengan mudah dihargai bahkan €1 miliar.

Harus dicatat bahwa ketika dana investasi mengukur profitabilitas suatu operasi, mereka tidak melihat begitu banyak perbedaan antara jumlah penjualan dan total dari apa yang sebelumnya diinvestasikan di perusahaan itu, tetapi mereka menggunakan indeks yang disebut IRR (Internal Rate of Return).

Perhitungan ini memperhitungkan durasi waktu di mana modal tetap terikat dalam kesepakatan semacam itu dan berapa banyak yang telah dihasilkan dibandingkan dengan operasi di mana uang yang sama dapat diinvestasikan secara alternatif.

Desas-desus tentang penjualan telah kembali dan Calcio e Finanza percaya bahwa ada sesuatu dalam penjualan kepada warga Amerika Utara dengan nilai lebih dari satu miliar! 

Namun untuk saat ini calon pembeli telah diberitahu bahwa Elliott tidak memiliki niat untuk menjual AC Milan, kecuali jika ada tawaran yang tak terbantahkan datang.

Pos terkait