Beginilah Skenario Kelolosan AC Milan ke Fase Gugur Liga Champions

  • Whatsapp
Liga Champions AC Milan

Berita AC Milan – Kegagalan AC Milan dalam mendapatkan hasil positif di 3 laga awal babak grup Liga Champions telah membuat situasi mereka kian terjepit.

Saat ini I Rossoneri berada di peringkat 3 klasemen grup B dengan raihan 4 poin. Posisi puncak klasemen masih ditempati Liverpool dengan 15 poin, kemudian FC Porto 5 poin dan Milan 4 poin. Tonali dkk hanya unggul selisih gol dari tim juru kunci, Atletico Madrid.

Bacaan Lainnya

Syarat utama AC Milan untuk dapat lolos ke babak 16 besar Liga Champions adalah dengan meraih kemenangan di match day terakhir melawan Liverpool. Namun kemenangan itu masih belum cukup karena Milan masih harus bergantung pada hasil pertandingan tim lain.

Laga lain di grup B akan mempertemukan tuan rumah FC Porto melawan Atletico Madrid. Milan berharap agar Porto tidak memetik kemenangan melawan Los Rojiblancos, sebab jika tim Portugal menang, maka raihan poin mereka akan menjadi 8, dan Milan jika menang lawan Liverpool poinnya akan berjumlah 7 poin. Milan tersingkir.

Hasil imbang adalah harapan terbaik AC Milan dalam laga Porto vs Atletico Madrid ini. Hal itu tak lain karena jika keduanya bermain imbang, maka masing-masing tim akan memiliki total poin sebanyak 6 bagi Porto dan 5 bagi Atletico Madrid. Milan yang jika menang  saat melawan Liverpool akan memiliki total 7 poin dan mereka berhak untuk melaju ke babak berikutnya.

Namun jika Atletico Madrid menang, maka aturan baru akan berlaku menurut Pasal 17 (Kesetaraan poin di babak penyisihan grup) peraturan Liga Champions UEFA. Yang pertama menyangkut rekor head to head tim, dalam hal ini, kedua belah pihak berada pada level sama. Kedua tim memiliki masing-masing satu kemenangan serta selisih gol yang sama dalam pertandingan head to head (2-2, mulai musim ini aturan gol tandang tidak berlaku lagi).

Mengingat kebuntuan dalam situasi ini di bawah aturan terbaru, maka akan terjadi perhitungan selisih gol secara keseluruhan, yang saat ini menguntungkan AC Milan (-2 versus Atlético -3).

Jika selisih gol kedua tim sama pada akhir matchday terakhir, maka itu akan ditentukan oleh gol keseluruhan yang dicetak di babak grup, dengan AC Milan saat ini 5 dan Atletico 4.

Tapi jika pada akhirnya gol keseluruhan kedua tim akan seimbang, maka faktor penentu baru adalah jumlah gol tandang yang dicetak di babak grup. Penghitungan yang saat ini dipimpin AC Milan 3 gol tandang dan wakil Spanyol 2 gol tandang.

Situasi laga terakhir akan sedikit menguntungkan Atletico Madrid karena mereka akan bertandang ke markas Porto untuk menambah gol tandangnya. Sedang AC Milan akan menjamu Liverpool di San Siro, jadi gol tandang Milan akan tetap berjumlah 3.

Di atas segala kemungkinan tersebut, mendapatkan kemenangan melawan tim sekelas Liverpool tentu bukan sebuah perkara mudah. Jadi untuk saat ini mari kita fokus untuk memetik kemenangan atas tim raksasa Liga Inggris itu.

Semoga saja keajaiban itu masih ada, Forza Milan!

Pos terkait