AC Monza Resmi Lolos ke Serie A

Monza AC Milan
Photo: www.acmonza.com

Berita AC Milan – Silvio Berlusconi akan kembali ke kompetisi sepak bola papan atas Italia untuk pertama kalinya sejak menjual AC Milan. Hal itu terjadi setelah klubnya, AC Monza, memastikan meraih 1 tiket promosi setelah menjalani partai mendebarkan melawan Pisa di babak play off.

Adapun lolos ke Serie A adalah catatan bersejarah bagi klub yang sudah berdiri sejak tahun 1912 itu karena sejak berdiri, mereka tak pernah sampai di divisi tertinggi sepak bola Italia ini.

Bacaan Lainnya

Serie A adalah target utama yang ditetapkan oleh mantan perdana menteri berusia 85 tahun itu sejak ia membeli klub tersebut pada 2018. Itu terjadi setahun setelah menjual AC Milan, yang ia jadikan raksasa sepak bola Eropa selama 30 tahun kepemilikannya.

Monza bergabung dengan Lecce dan Cremonese, dua klub yang sudah terlebih dahulu mendapatkan tiket promosi ke Serie A. Duduk di peringkat empat klasemen, Monza harus melalui babak play-off yang melibatkan tim yang menempati peringkat ke-3 dan ke-8.

Tiga tim promosi akan mengambil tempat teratas dari Venezia, Genoa dan Cagliari yang terdegradasi dari Serie A. Monza masih berada di Serie C ketika Berlusconi membeli klub tersebut dari wilayah Milan pada 2018 dengan harga yang dilaporkan hanya senilai tiga juta euro ($3,4 juta).

Mereka naik ke Serie B pada tahun 2020, tetapi tahun lalu gagal dalam play-off promosi. Meskipun ada kebijakan transfer yang agresif, terutama ketika Adriano Galliani sukses mendatangkan nama-nama besar seperti Kevin-Prince Boateng dan Mario Balotelli. Musim ini opa Galliani banyak mengandalkan para pemain berpengalaman di skuad Monza.

Periode Berlusconi sebagai pemilik AC Milan membuat mereka memenangkan lima gelar Liga Champions dan delapan gelar Serie A serta berbagai gelar bergengsi lainnya.

Dia menjual klub pada 2017 ke konsorsium yang dipimpin oleh investor China Yonghong Li. Dana Amerika Elliott mengambil alih tahun berikutnya setelah Li gagal dalam pinjaman untuk membeli klub.

Kepada awak media, Galliani dan Berlusconi terlihat sangat sumringah setelah melihat timnya mendapatkan tiket promosi ke Serie A musim depan. Secara khusus ia menyoroti pertandingan yang akan melibatkan klubnya dengan tim yang sangat ia cintai, AC Milan.

“Memikirkan pertandingan Monza-Milan tahun depan adalah mimpi yang luar biasa. Apa yang diminta anak-anak saya dari saya? Mereka mengatakan kepada saya untuk mengalahkan Inter dan bukan Milan. Tapi itu cerita lain.” (tertawa), kata Galliani kepada Sky Italia.

“Kami ingin memenangkan Scudetto dan lolos keLiga Champions.” tambah Silvio Berlusconi.

Di usia yang sudah menua, mungkin ini adalah tahun yang membahagiakan bagi Berlusconi dan Galliani. Selain karena timnya meraih tiket promosi, 2 sosok legendaris itu juga tampak sangat menikmati momen keberhasilan AC Milan meraih gelar Scudetto musim ini.

Selamat Opa!

 

Pos terkait