6 Pemain AC Milan dengan Total Penampilan Terbanyak di Liga Champions

Berita AC Milan

Berita AC Milan – Musim ini AC Milan kembali tampil di Liga Champions setelah absen sekitar tujuh musim. Padahal klub ini merupakan salah satu raksasa Eropa khususnya di periode 1990-2010 lalu.

Di era tersebut, Rossoneri memiliki banyak pemain top yang berhasil membawa klub memenangkan Liga Champions pada musim 1993/94, 2002/03 dan 2006/07. Bahkan ada beberapa pemain di era tersebut yang saat ini memiliki total penampilan terbanyak di Liga Champions dalam sejarah klub.

Bacaan Lainnya

Pada kesempatan kali ini, beritamilan.com akan membahas tentang siapa saja sih enam pemain AC Milan yang memiliki total penampilan terbanyak di Liga Champions sepanjang sejarah.

Alessandro Nesta (78)

Alessandro Nesta berita AC Milan

Satu dekade berseragam Rossoneri, wajar seandainya Alessandro Nesta mampu mencatatkan 78 penampilan di Liga Champions. Ia merupakan salah satu bek tengah terbaik AC Milan yang mampu membawa dua trofi Liga Champions dua kali pada musim 2002/03 dan 2006/07.

Andrea Pirlo (78)

Andrea Pirlo Berita AC Milan

Andrea Pirlo juga telah memperkuat AC Milan selama satu dekade seperti Alessandro Nesta. Selain itu, pemain yang sudah bertransformasi menjadi pelatih ini juga telah tampil sebanyak 78 pertandingan di kompetisi tersebut.

Dari 78 penampilan tersebut, Andrea Pirlo juga mengoleksi tujuh gol serta sepuluh assist untuk klub.

Gennaro Gattuso (79)

Gennaro Gattuso berita AC Milan

Gelandang tangguh yang membuat lawan merinding ini mencatatkan 79 penampilan di Liga Champions bersama AC Milan. Meskipun ia bermain keras saat berhadapan dengan lawan, ia selalu menjadi pilihan pelatih di lini tengah saat klub bermain di ajang tersebut.

Gennaro Gattuso sempat mencetak satu gol di Liga Champions, lebih tepatnya pada musim 2003/04 saat menghadapi Sparta Praha di leg kedua babak 16 besar.

Massimo Ambrosini (82)

Massimo Ambrosini berita AC Milan

Massimo Ambrosini telah mengabdi kepada Rossoneri selama 18 tahun. Ia menjadi salah gelandang utama dalam skuat pada periode 1998-2012. Wajar seandainya ia sering tampil di kompetisi tertinggi seperti Liga Champions.

Pemain dengan tinggi badan 182 cm itu mencatatkan 82 penampilan di Liga Champions dan sempat mencetak satu gol, seperti halnya Gennaro Gattuso. Walaupun hanya satu gol, tetapi gol tersebut merupakan gol yang penting bagi Rossoneri di semifinal Liga Champions 2004/05.

Saat itu, mereka menang atas PSV 2-0 di leg pertama semifinal Liga Champions 2004/05. Tetapi di leg kedua mereka harus kebobolan tiga gol saat bertandang ke markas PSV.

Gol Massimo Ambrosini di leg kedua membawa AC Milan melaju ke final karena membuat klub unggul agresivitas gol tandang dari PSV saat itu.

Clarence Seedorf (89)

Clarence Seedorf berita AC Milan

Datang sebagai pemain berkualitas, karena Clarence Seedorf sudah memenangkan dua gelar Liga Champions bersama Ajax dan Real Madrid sebelum bergabung dengan AC Milan. Ia ditebus dengan harga yang sangat tinggi pada saat itu yakni sekitar 23,5 juta euro dari klub tetangga, Inter Milan.

Clarence Seedorf menjadi salah satu bagian inti di lini tengah Rossoneri pada periode 2002-2012. Di Liga Champions, ia sudah bermain sebanyak 89 kali dengan catatan delapan gol dan 20 assist.

Paolo Maldini (116)

Paolo Maldini berita AC Milan

Paolo Maldini memainkan 116 pertandingan di Liga Champions dari total 900 penampilannya selama berseragam Rossoneri. Pemain yang berposisi sebagai bek kiri ini hanya memperkuat AC Milan saja selama 24 tahun kariernya sebagai pesepakbola profesional.

Ia menjadi satu-satunya pemain yang meraih lima gelar Liga Champions bersama Rossoneri, yaitu pada musim 1988/89, 1989/90, 1993/94, 2002/03 dan 2006/07. Paolo Maldini pernah mencetak gol pembuka untuk AC Milan di final Liga Champions 2004/05, tetapi ia gagal memenangkan kompetisi tersebut karena kalah lewat babak adu penalti oleh Liverpool.

Pos terkait