Italia Resmi Ajukan Diri Menjadi Tuan Rumah Euro 2032

FIGC Euro 2032
Google

Berita AC Milan – Federasi sepak bola Italia telah secara resmi mengumumkan niat mereka untuk mengajukan tawaran menjadi tuan rumah Euro 2032.

Proses pengajuan untuk menjadi hak tuan rumah Kejuaraan Eropa 2028 dan 2032 dimulai pada 23 Maret nanti. Adapun batas waktu untuk mempresentasikan proyek yang telah selesai ditetapkan pada 12 April 2023. Keputusan akhir UEFA akan dibuat pada bulan September di tahun yang sama.

Bacaan Lainnya

Turnamen Euro berikutnya akan berlangsung pada 2024 mendatang dan akan diselenggarakan di Jerman. UEFA memutuskan untuk kembali pada sistem aturan lama bahwa tuan rumah akan terpusat di 1 negara saja, tidak seperti Euro 2020 kemarin yang terpecah di beberapa negara peserta.

Seperti yang diumumkan oleh FIGC dalam situs resminya, induk sepak bola tertinggi Italia itu telah menyatakan minat mereka kepada UEFA untuk menjadi tuan rumah Euro 2032, jauh sebelum batas waktu Maret yang telah mereka tetapkan.

Pada kesempatan sebelumnya, Italia telah menjadi tuan rumah kompetisi Euro pada dua kesempatan, yaitu pada tahun 1968 dan 1980, serta empat pertandingan selama Euro 2020 kemarin.

Iklim sepak bola Italia kini mulai membaik lagi setelah sempat terpuruk selama 1 dekade ke belakang. Hal itu dapat dilihat dari mulai berdatangannya kembali para pemain bintang dunia ke liga Serie A.

AC Milan bersama Inter akan membangun stadion baru yang diperkirakan akan rampung pada 2027 mendatang. Stadion baru ini bisa dimanfaatkan Italia untuk menjadi venue salah satu pertandingan Euro jika akhirnya mereka ditunjuk menjadi tuan rumah.

Pos terkait