Hadapi AC Milan, Jose Mourinho: “Saya Suka Bermain Melawan Tim Terbaik!”

Jose Mourinho
Photo: www.asroma.com

Berita AC Milan – Kejeniusan Jose Mourinho dalam meracik sebuah strategi mungkin telah menjadi hal yang paling menakutkan dari AS Roma musim ini.

Di bawah komando pelatih asal Portugal itu, Roma saat ini masih cukup kokoh bertengger di peringkat 4 klasemen sementara Serie A. Namun pada pekan ini kedigdayaan mereka akan mendapatkan ujian berat dari tim peringkat 2, AC Milan.

Bacaan Lainnya

Diakui Jose Mourinho, melawan Milan akan menjadi pertandingan yang ia sukai karena I Rossoneri memiliki peringkat yang lebih baik. Berikut adalah petikan wawancaranya dilansir dari situs resmi AS Roma di www.asroma.com:

Pada hari Minggu Anda akan menghadapi Stefano Pioli. Dia mengambil kendali di AC Milan yang sedang berjuang sekitar 18 bulan yang lalu, dan sekarang mereka berada di puncak klasemen. Apakah tujuan Anda di sini sama? Dan apa arti pertandingan besok bagi tim, terutama setelah menghadapi Napoli seminggu yang lalu?

“Saya suka bermain melawan tim terbaik. Dan saya pikir saya juga bisa menularkan sikap itu kepada para pemain saya. Sangat menyenangkan bagi saya untuk memainkan tim-tim yang bermain bagus, yang berada di atas kami di klasemen dan yang memiliki target berbeda untuk musim ini. Semua itu memberi kami motivasi, jadi tidak ada masalah di sana.

“Memang benar bahwa saya belum pernah menghadapi Pioli sebelumnya dalam karir saya. Dia tidak di Serie A selama dua tahun saya menjadi pelatih di sini di Serie A, jadi tim kami tidak pernah saling berhadapan. Besok saya akan senang bertemu dengannya, dan mengenalnya sedikit sebelum dan sesudah pertandingan.

“Mungkin pekerjaan yang dia lakukan memang memiliki beberapa kesamaan dengan apa yang perlu saya lakukan di sini. Jelas dia pantas mendapat banyak pujian untuk pekerjaan yang telah dia lakukan, meskipun perasaan saya adalah bahwa mungkin kita berbicara tentang upaya seluruh klub di sini.

“Dari jauh itu persepsi saya, sih. Bagi saya, klub memiliki orang-orang baik seperti Paolo Maldini yang bekerja di sana. Saya melihat struktur yang stabil, skuat yang telah ditingkatkan di setiap jendela transfer. Jika Anda membandingkan skuat yang dimiliki Pioli ketika dia memulai dan yang dia miliki sekarang, maka itu sangat berbeda. Klub telah menikmati evolusi positif. Mereka berada di puncak klasemen, mereka berada di Liga Champions. Itu bagus untuk mereka.”

Mungkinkah para pemain yang dikeluarkan dari skuad baru-baru ini akan kembali dan segera dimasukkan? Atau apakah keputusan Anda sekarang sudah pasti?

“Apakah Anda lebih tertarik pada siapa yang tidak ada dalam skuat atau siapa yang akan berada di skuat? Skuadnya akan sama seperti pertandingan terakhir – kecuali Cristian Volpato, yang bermain 90 menit untuk Primavera kemarin.

“Jelas hasil Primavera bukanlah hal yang paling penting bagi kami, tetapi bagaimanapun saya memilih untuk tidak terlalu mengganggu tim itu, mengambil tiga atau empat pemain mereka dan kemudian tidak memainkannya. Saya tidak ingin mengambil terlalu banyak dari Primavera. Jadi skuatnya akan sama seperti sebelumnya.”

Henrikh Mkhitaryan tampaknya sedikit kurang efektif dalam beberapa pekan terakhir. Apa yang terjadi, menurut Anda – dan apakah dia masih termasuk pemain yang Anda andalkan?

“Saya mengandalkan semua orang yang ada di skuat. Tetapi hanya 11 pemain yang bisa memulai setiap pertandingan. Sayangnya seringkali menjadi masalah untuk memiliki 12 pemain di bangku cadangan. Tapi semuanya baik-baik saja. Saya tidak bisa memanggil semua orang.

“Dalam hal Mkhitaryan, dia baik-baik saja. Saya tidak terlalu khawatir tentang permainan, di mana saya mengeluarkannya di babak pertama. Dia bukan anak laki-laki lagi, dia bukan 25, dan dia bermain melawan Napoli pada hari Minggu dan kemudian pada hari Rabu di Cagliari selama 45 menit. Saya membuat perubahan; kami tertinggal dan kemudian kami membutuhkan lebih banyak ancaman langsung dari Stephan El Shaarawy, yang merupakan pemain lain yang sangat saya sukai.

“Jadi Micki masih memiliki kepercayaan penuh saya, bahkan jika itu bukan permainannya yang paling efektif. Apakah dia akan mulai besok? Saya tidak akan memberitahu Anda itu. Tetapi apakah dia menjadi starter atau tidak, tidak ada yang berubah – dia pemain penting bagi kami. Daniel Fuzato adalah pemain penting bagi kami, meski dia belum bermain satu menit pun musim ini. Saya sangat percaya padanya, dan jika dia harus bermain, itu tidak akan menjadi masalah bagi kami. Hal yang sama berlaku untuk Miki. Dia pasti penting bagi kami.”

Susunan pemain apa yang akan kita lihat melawan Milan?

“Itu tidak akan sama, tetapi juga tidak akan banyak berubah. Anda dapat melihat AC Milan dan berkata, “Romagnoli mungkin bermain dan Kjaer mungkin tidak. Bennacer atau Kessie atau Tonali bisa bermain. Zlatan atau Giroud bisa bermain. Krunic atau Brahim bisa bermain. Bagi kami itu jauh lebih mudah. Saya bisa mengubah satu atau dua, bukan lima atau enam.”

Bagaimana kabar Leonardo Spinazzola?

“Dia baik, semuanya berjalan baik. Spesialis yang mengoperasinya ada di sini selama dua hari untuk memeriksa bagaimana semuanya berjalan, bersama dengan tim medis dan spesialis kami yang lain. Semuanya berjalan sangat baik, tidak ada kemunduran.

“Saya tidak ingin mengatakan kapan dia akan kembali bermain lagi. Saya tidak ingin mengambil risiko apa pun, tetapi sejauh ini tidak ada masalah dengan rehabilitasi Spinazzola.”

Dalam empat pertandingan terakhir Roma telah mencetak empat gol dan hanya kebobolan dua. Apa yang berubah dalam pendekatannya?

“Kami ingin mencetak gol sebanyak mungkin dan kebobolan sesedikit mungkin. Jadi melihat jumlah gol yang kebobolan, dua dalam empat pertandingan, itu statistik yang bagus. Empat gol dicetak dalam empat pertandingan, kurang begitu. Bahkan jika kami mencetak gol melawan Juventus juga [dianulir wasit].

“Kuncinya adalah bermain, bertarung, mencoba memenangkan setiap pertandingan. Untuk melakukan itu, Anda harus memiliki keseimbangan yang tepat dan Anda harus bertahan dengan baik. Ini hal yang mudah untuk dikatakan tetapi itu benar, untuk menang Anda harus mencetak gol dan tidak kebobolan.

“Untuk itu, Anda perlu mengatur pertahanan dengan baik. Dan kami meningkat dalam hal itu, sedikit demi sedikit.”

Apakah Anda perlu menang besok baik untuk klasemen liga dan akhirnya mengalahkan saingan utama?

“Anda harus selalu menang. Bukan hanya melawan Milan, tapi melawan Cagliari, melawan Milan, melawan Venezia. Anda harus selalu menang. Dan itulah yang kami inginkan. Melawan Napoli Anda melihat keinginan itu. Kami ingin memenangkan pertandingan itu hingga saat-saat terakhir, hingga tendangan sudut terakhir.

“Kami selalu ingin menang. Besok pertandingan melawan Milan, dan setelah itu kami menghadapi Venezia. Tapi tidak ada yang berubah di antara keduanya. Saya mengerti pertanyaan Anda, berdasarkan tabel dan statistik dan yang lainnya. Mungkin besok kita tidak akan memenangkan pertandingan, tetapi tidak ada yang bisa berhenti berjuang untuk mencoba dan memenangkan permainan. Dan saya pikir itulah yang membawa penggemar ke stadion juga.

“Setelah kekalahan melawan Verona dan Lazio, dan kemudian hasil memalukan di Bodo, para penggemar masih datang ke stadion. Tentu saja itu karena semangat yang mereka miliki untuk klub ini, tetapi saya pikir itu juga karena sikap yang mereka lihat dari tim saat mereka menonton. Dan itu adalah sesuatu yang tidak akan berubah.”

Di Serie A tampaknya banyak gol tercipta dari umpan silang yang dalam di mana para pemain bertahan kehilangan pemainnya. Bagaimana Anda bertahan melawan ini di dalam kotak? Besok Anda mungkin akan melawan Zlatan Ibrahimovic…

“Pertama dan terpenting Anda tidak bisa meninggalkan ruang di tengah. Dan kemudian jika umpan silang tidak masuk, maka tidak mungkin terjadi gol di area tersebut.

“Sangat sulit bagi tim mana pun untuk mengontrol permainan selama 90 menit. Sangat sulit. Mungkin di beberapa liga berbeda, tapi menurut saya Serie A bukan salah satunya. Selalu ada periode di setiap pertandingan di mana Anda harus turun lebih dalam dan menggali lebih dalam, karena kualitas lawan.

“Milan, dalam hal ini, memiliki dua penyerang di Ibra dan Olivier Giroud yang secara fisik sangat sulit untuk dijaga baik di dalam kotak maupun di ruang.”

Lima dari 10 gol kebobolan Roma sejauh musim ini terjadi dalam 15 menit setelah turun minum. Apakah itu hanya kebetulan?

“Anda bisa dengan mudah mengatakan bahwa kami memulai pertandingan dengan sangat baik dan kami tidak kebobolan gol di awal pertandingan. Tapi kalian selalu sangat pandai menemukan interpretasi negatif dari situasi apa pun.

“Sebagai pelatih, selalu membuat frustrasi untuk kebobolan gol di lima menit pertama setiap babak. Tapi itu bisa terjadi. Apa yang bisa saya katakan? Saya hanya bisa mengucapkan selamat kepada kalian karena Anda selalu melakukan pekerjaan yang baik untuk menemukan interpretasi yang paling negatif.

“Sama halnya dengan pemain yang belum dipanggil ke skuat matchday. Akan lebih mudah untuk mengatakan, ‘Nah, bisakah tim seperti Roma benar-benar memiliki enam atau tujuh pemain di bangku cadangan yang berusia di bawah 20 tahun?’ Dan kemudian saya tidak memanggil seseorang dan inilah yang terjadi.

“Anda pandai dalam hal itu, dan mungkin sekarang saya mengerti mengapa semua orang mengatakan kepada saya bahwa Roma adalah tempat yang sulit. Karena biasanya di klub lain Anda merasa selalu ada sedikit lebih banyak perlindungan dan kepositifan dari orang-orang terdekat dengan klub. Di Roma itu sedikit berbeda, tapi tidak apa-apa. Ini lucu dalam beberapa hal. ” tutup Mourinho.

Pos terkait