10 Pemain Yang Pernah Menggunakan Nomor Punggung 3 Di AC Milan

Maldini
Photos: sempremilan.com

Berita AC Milan – Nomor punggung 3 biasanya digunakan oleh seorang pemain bertahan alias bek, baik di Italia maupun di kompetisi sepakbola negara-negara Eropa. Bahkan ada beberapa pemain yang namanya sangat melekat dengan nomor punggung 3, contohnya Paolo Maldini di AC Milan.

Di AC Milan nomor punggung 3 begitu identik dengan sosok agung bernama Paolo Maldini. Kemampuan luar biasa yang ia miliki telah berhasil mengantarkan I Rossoneri meraih beberapa trofi bergengsi.

Bacaan Lainnya

Berkat dedikasi dan loyalitasnya, pihak klub akhirnya mempensiunkan nomor punggung 3 AC Milan sebagai penghargaan atas jasa Paolo Maldini. Saat ini tak banyak fans yang tahu ternyata nomor punggung 3 sebelumnya pernah dipakai oleh beberapa pemain top.

Pada momen kali ini, beritamilan.com akan coba membahas sederet pemain Rossoneri yang pernah menggunakan nomor punggung tersebut.

1. Mauro Tassotti

Tassotti
Photos: sempremilan.com

Mauro Tassotti memenangkan 17 gelar dalam kurun waktu 17 tahun berseragam Rossoneri. Pria kelahiran Roma, Italia ini sempat mengenakan nomor punggung 3 di AC Milan pada musim 1984/85.

Di musim tersebut ia menjalani 24 penampilan di Serie A dan sepuluh kali tampil di Coppa Italia tanpa memenangkan gelar. Setelah berganti ke nomor punggung yang lain, Mauro Tassotti justru memenangkan Liga Champions tiga kali dan lima kali meraih gelar Scudetto bersama AC Milan.

2. Stefano Nava

stefano-nava-milan
Photo: https://ilnobilecalcio.it

Pemain asli Milan ini juga pernah mencoba memakai nomor punggung 3 ketika memperkuat AC Milan, lebih tepatnya di musim 1992/93 dan 1993/94. Akan tetapi, Stefano Nava hanyalah sebagai pemain pelapis untuk Franco Baresi, Alessandro Costacurta, Mauro Tassotti bahkan Paolo Maldini ketika masih memperkuat Rossoneri.

Meski begitu Stefano Nava tetap punya andil dalam kesuksesan AC Milan menjuarai Serie A di dua musim tersebut. Selama memperkuat AC Milan, Stefano Nava mencatatkan 47 pertandingan di semua kompetisi.

3. Alessandro Orlando

Alessandro Orlando
operazionenostalgia.com

Alessandro Orlando hanya setahun memperkuat AC Milan, akan tetapi ia sempat memakai nomor punggung 3. Di bawah arahan Fabio Capello, Alessandro Orlando memenangkan Liga Champions, Serie A dan Piala Super Italia setelah menjalani 27 penampilan.

4. Christian Panucci

Christian Panucci
Goal.com

Pada musim 1993/94 sampai 1994/95, Christian memakai nomor punggung 3 dalam kurun waktu tiga musim berseragam Rossoneri. Selama memakai nomor punggung tersebut, Christian Panucci mampu memenangkan sejumlah gelar bersama AC Milan seperti Scudetto, Liga Champions, Piala Super Italia dan Piala Super Eropa.

Setelah memutuskan pensiun sebagai pesepakbola profesional tahun 2010, Christian Panucci mulai berkarier sebagai salah satu pundit sepakbola di Sky Italia.

5. Roberto Mussi

Photos: stadiontardini.it

Roberto Mussi menjadi salah satu pemain yang mendapatkan kehormatan memakai nomor punggung 3 di bawah kepemimpinan Arrigo Sacchi. Ia bermain hanya dua musim untuk AC Milan dan tercatat sudah menjalani 47 penampilan di semua kompetisi dengan total empat assist.

Tiga gelar berhasil dimenangkan oleh Roberto Mussi bersama Rossoneri, yaitu Scudetto, Piala Super Italia dan Liga Champions.

6. Filippo Galli

Filippo Galli
Photos: charitystars.com

Salah satu didikan akademi AC Milan, Filippo Galli juga pernah merasakan bagaimana rasanya memakai nomor punggung 3. Filippo Galli juga menjadi salah satu pemain yang cukup loyal karena mau tetap berseragam Rossoneri selama kurang lebih 14 tahun.

Dalam kurun waktu tersebut, pria kelahiran Monza, Italia ini sudah memenangkan cukup banyak gelar bersama AC Milan seperti lima kali menjuarai Serie A, tiga kali meraih gelar Liga Champions dan sempat membawa Rossoneri juara Piala Interkontinental pada tahun 1989 dan 1990.

Filippo Galli masuk ke dalam Hall of Fame AC Milan berkat loyalitasnya bersama klub pada periode 1982-1996. Selama 14 tahun berseragam merah-hitam, Filippo Galli tercatat sudah menjalani 325 pertandingan.

Setelah pensiun sebagai pesepakbola profesional di tahun 2004, pria yang kini berumur 58 tahun itu sedang bekerja sebagai kepala metodologi di salah satu klub Italia yakni Parma.

7. Diego Fuser

Diego Fuser
Twitter.com

Diego Fuser yang dikenal memiliki akurasi umpan silang tinggi juga pernah memakai nomor punggung 3 di jerseynya. Pria kelahiran Venaria Reale, Italia ini memperkuat Rossoneri pada musim 1989/90 dan 1991/92.

Selama bersama AC Milan, Diego Fuser mengumpulkan enam gol dan enam assist dalam 54 penampilan di semua kompetisi. Selain itu, ia juga sempat membantu Rossoneri memenangkan Serie A, Liga Champions, Piala Super Eropa dan Piala Interkontinental.

8. Daniele Massaro

Massaro AC Milan
imago images

Sembilan tahun mengabdi untuk Rossoneri, Daniele Massaro layak masuk dalam jajaran legenda klub saat ini. Ia juga pernah memakai nomor punggung 3 tetapi hanya di musim 1992/93.

Dua gelar major sukses dimenangkan olehnya untuk AC Milan ketika memakai nomor punggung tersebut, yaitu Scudetto dan Liga Champions. Selama memperkuat AC Milan, Daniel Massaro mencatatkan 70 gol serta 33 assist dalam 306 penampilan di semua kompetisi.

Daniel Massaro sekarang bekerja sebagai salah satu orang yang berada di jajaran manajemen AC Milan sejak tahun 2017 lalu.

9. Alessandro Costacurta

Alessandro Costacurta
Photos: sempremilan.com

Hanya dua tim yang pernah dibela Alessandro Costacurta sebagai pesepakbola profesional, yaitu AC Milan dan Monza. Akan tetapi, kariernya lebih banyak dihabiskan bersama Rossoneri karena telah menjadi bagian dalam skuat sekitar 21 tahu.

Alessandro Costacurta juga sempat memakai nomor punggung 3 sebelum akhirnya diambi alihl oleh Paolo Maldini selama bertahun-tahun. Dua dekade bermain untuk AC Milan, Alessandro Costacurta mencatatkan 663 penampilan dan menjadi salah satu yang paling sering bermain dalam sejarah klub.

Ia sempat bekerja sebagai staf pelatih di AC Milan dan Mantova. Akan tetapi, sejak 2018 lalu Alessandro Costacurta lebih sering bekerja sebagai seorang pengamat sepakbola di Italia.

10. Paolo Maldini

Paolo Maldini
Photo: planetfootball.com

Paolo Maldini jelas menjadi pemain yang paling diingat ketika menggunakan nomor punggung 3. Sebab ia telah memakai nomor tersebut lebih dari 20 tahun di AC Milan.

Ia merupakan pemain yang punya jumlah pertandingan terbanyak dalam sejarah Rossoneri dan telah merasakan pahit-manisnya kondisi klub selama bertahun-tahun. Sudah jelas bagi Paolo Maldini untuk mendapat julukan legenda hidup AC Milan saat ini.

Sekarang ia bekerja untuk AC Milan sebagai direktur teknik yang bertugas dalam merekrut pemain-pemain baru. Pekerjaan barunya tersebut bisa dibilang cukup sukses, karena Paolo Maldini cukup banyak mendatangkan pemain-pemain berkualitas ke San Siro dengan harga yang murah.

Itulah sepuluh pemain AC Milan yang pernah memakai nomor punggung 3, khususnya dalam 4 dekade terakhir. Sejak Paolo Maldini pensiun di akhir musim 2008/09, tidak ada yang memakai nomor punggung tersebut sampai saat ini.

Mungkin pemain-pemain yang ada saat ini masih merasa belum pantas untuk menggunakan nomor punggung 3, mengingat terakhir kali digunakan oleh pemain seperti Paolo Maldini. Menarik untuk dinantikan siapa yang berani atau tertarik menggunakan nomor punggung 3 bersama AC Milan di masa depan.

Pos terkait