Demi Duetkan Ibra – Giroud, Stefano Pioli Siap Rubah Formasi ke 4-4-2

  • Whatsapp
Stefano Pioli

Berita AC Milan – Hampir sepanjang musim lalu, AC Milan menggunakan formasi 4-2-3-1 dengan Zlatan Ibrahimovic bertindak sebagai ujung tombak klub.

Namun formasi itu kerap memunculkan masalah tatkala Ibra berhalangan hadir karena mengalami cedera. Ante Rebic dan Rafael Leao yang dipaksa mengisi posisi striker tunggal gagal tampil apik dan membuat Milan kesulitan untuk mencetak gol.

Bacaan Lainnya

Sebenarnya masalah itu sudah coba diantisipasi oleh Paolo Maldini di bursa transfer musim panas ini. Kedatangan Olivier Giroud tak lain adalah untuk menjadikan striker timnas Prancis itu sebagai deputi dari Zlatan Ibrahimovic.

Namun dalam laporan dari Calciomercato, pelatih AC Milan, Stefano Pioli sedang menggodok rencana untuk menduetkan Ibrahimovic dengan Giroud. Dalam beberapa kesempatan, selain menggunakan formasi 4-2-3-1, Pioli juga sering memakai skema 4-4-2.

Dalam formasi 4-4-2, peran lini tengah untuk menyerang akan sedikit diredam. Duet Kessie dengan Bennacer akan terfokus untuk mengatur lini tengah dan untuk kreasi menyerang akan menjadi tugas pemain sayap.

Dalam formasi tersebut, maka Milan membutuhkan 2 orang striker. Giroud yang mampu menahan bola dan memiliki fisik yang lebih prima akan menjadi semacam penjemput bola. Jadi tugas Ibra akan lebih ringan karena tidak perlu bermain terlalu dalam seperti musim lalu dan dapat fokus menyelesaikan peluang.

Tak dapat dikesampingkan juga bahwa Pioli mungkin akan memakai formasi 4-3-1-2 dimana Brahim Diaz akan berperan sebagai trequartista. Namun rekam jejak pelatih berusia 55 tahun itu yang selalu mengandalkan pemain sayap, akan membuat formasi ini menjadi opsi terakhir yang akan dipakai musim depan.

Dengan bursa transfer yang masih terbuka lebar, AC Milan masih akan coba mendatangkan seorang striker baru dan gelandang serang baru. Kaio Jorge adalah kandidat terkuat untuk pos striker, sedang untuk gelandang serang ada beberapa nama seperti Hakim Ziyech, Nikola Vlasic, Josip Ilicic, Philippe Coutinho hingga James Rodriguez.

Pos terkait