Sejarah Hari Ini: 14 Juni 1988, AC Milan Raih Gelar Supercoppa Pertama

  • Whatsapp
Berita AC Milan
Photo: https://it.wikipedia.org

Berita AC Milan – Seperti biasanya kompetisi sepak bola Italia akan dibuka dengan gelaran “Supercoppa Italiana“. Ajang ini mempertemukan juara liga Serie A dan juara piala Italia. Biasanya, FIGC menggelar ajang Supercoppa di bulan Agustus atau seminggu jelang pertandingan liga pertama dimulai.

Nah ternyata pada tanggal 14 Juni 1988, gelaran Supercoppa Italiana untuk pertama kali diadakan. Saat itu AC Milan yang berstatus juara Seri A bertemu dengan Sampdoria sebagai kampiun piala Italia.

Bacaan Lainnya

Laga ini digelar di Stadion Giuseppe Meazza dan dihadiri sebanyak 19.412 penonton. AC Milan yang saat itu dilatih oleh Arrigo Sacchi berhasil mengalahkan Sampdoria dengan skor 3-1.

Di laga ini, Sampdoria lebih dulu membuka keunggulan lewat gol yang dicetak oleh Vialli di menit ke-14. Il Diavolo Rosso tak butuh waktu lama untuk membalas gol tersebut.

Frank Rijkaard berhasil menyambar umpan crossing dari Van Basten lewat kepalanya, sekaligus menyamakan kedudukan 1-1 atas Sampdoria.

Punggawa AC Milan menunjukkan permainan impresif di babak kedua. Saat laga babak kedua baru dimulai tepatnya di menit ke-46, pemain pengganti Mannari berhasil memanfaatkan kesalahan pemain lawan yang melakukan blunder.

Mannari dengan mudah menceploskan bola ke gawang Sampdoria yang saat itu dikawal oleh Gianluca Pagliuca. Milan unggul 2-1 atas lawannya.

Kemenangan Milan berhasil diamankan oleh Marco Van Basten lewat titik putih. Jelang laga berakhir, Carlo Ancelotti dilanggar oleh pemain belakang Sampdoria. Wasit menghadiahkan tendangan penalti untuk Milan dan Van Basten yang bertindak sebagai eksekutor.

Stiker asal Belanda tersebut berhasil mengesekusi penalti menambah keunggulan Milan menjadi 3-1, sekaligus memastikan gelar Supercoppa Italiana bagi Il Rossoneri untuk pertama kalinya.

Pos terkait